MENGGERAAN OBJEK DENGAN FUNGSI TRANSFORM

 

MENGGERAKAN OBJEK DENGAN FUNGSI TRANSFORM

Dapat mengetahui pengertian transform di adobe illustrator

Mampu menjelaskan cara mengaktifkan jendela transform

Memahami berbagai fungsi transform

Dapat menggunakan fungsi transform untuk mengatur objek/gambar


Pengertian Fungsi Transform Adobe Illustrator

Transform biasanya mengubah posisi atau bentuk, atau keduanya. Ada banyak jenis transformasi mengubah berbagai parameter (posisi, ukuran, sudut, dll). Transform berlakun untuk salah satu atau lebih objek yang sudah dipilih terlebih dahulu dengan selection tool (V).

 

Cara yang paling populer dari transformasi menggunakan tool atau perkakas dari panel tool. Ada beberapa alat transformasi yang mengubah parameter yang berbeda dari objek yang dipilih. Beberapa cara untuk mengaktifkan transformasi : (ingat objek terlebih dahulu diklik dengan selection tool). Ada bebrapa langkah

  1.       Klik menu objek ->>pilih transform
  2.        Klik Objek ->> Klik kanan pada mouse ->>Pilih transform
  3.           Klik di keyboard ->> Shift+F8 

Tampilan untuk menampilkan printah Transform 

     Beberapa fungsi transform untuk mengubah berbagai parameter (Posisi,           Ukuran, Sudut dll) : 

  •    Move tool (V) : Memindahkan objek yang dipilih secara manual dengan menyeretnya ke posisi yang diinginkan. Namun, seringkali menempatkan posisi yang tepat tidaklah mudah dan akurat. Dalam hal ini anda dapat memindahkan objek dengan tepat dan akurat dengan menggunakan transform move tool.

Tampilan transform Move Tool (V)

  •     Rotate tool (R) Seperti panah melingkar kecil : Untuk memutar objek, pilih dan tarik kearah yang diperlukan. Sebagai titik transformasi defaul adalah dipusat objek, akan diputar disekitar itu sendiri. Anda dapat dapat menetapkan titik referensi yang berbeda dengan mengklik ditempat yang diperlukan sebelum berputar. Anda dapat memutar sudur seperti 45, 90, 135, 180 dan seterusnya.

       Masukan angka dalam dialog. Bilangan positif memutar berlawanan arah jarum jam, dan angka negatif memutar searah jarum jam. Anda dapat menekan copy untuk menduplikat objek saat berputar.


Tampilan transform Rotate Tool (R) 
  •     Reflect Tool (O) adalah segitiga cermin kecil yang bersembunyi dibawah alat Rotasi. Untuk mencerminkan objek yang dipilih, hanya tarik kearah yang diperlukan. Titik referensi defaul adalah ditengah, sehingga objek akan tercermin disekitar sumbu yang memotong pusat itu. Untuk menggunakan tepatsumbu horisontal atau vertikal untuk mirroring, tahan tombol shift

Tampilan transform Reflect Tool (O)

  •      Scale Tool (S) terlihat seperti persegi panjang kecil putih. Untuk sekala objek yang dipilih, cukup tarik kotak persegi panjang putih (delapan kotak putih). Untuk sekala horisontal, tarik horisontal, dan utuk secala vertical, tarik vertikal.Untuk kedua tarik sudut diagonalnya, serta untuk memperbesar atau memperkecilkan objek secara proposional tekan tombol shift. Namun jika anda perlu untuk skala objek dengan tepat, dapat menggunakan scale tool dengan memasukkan angka yang dibutuhkan dalam kotak dialog. Anda dapat memilih apakah mau memasukkan persen untuk proposional scaling, atau masukkan nomor terpisah untuk sekala horizontal dan vertikal. Untuk menduplikat diperbesar atau diperkecil dengan cara menekan tombol Copy.



Tampilan transform Scale Tool (S)

  •    Shear Tool tampak seperti persegi panjang miring sedikit (Skew). Untuk geser objek yang dipilih, geser sepanjang sumbu horizontal, geser sepanjang sumbu vertikal. Untuk membatasi lebar objek atau tinggi atau geser sepanjang sumbu miring sebesar 45 derajat atau masukkan angka dalam derajat dan sumbunya. Tekan tombol copy untuk menduplikasi suatu benda memiliki kemiringan tertentu

Tampilan transform Shear Tool 

  •     Transform Each    tampak seperti persegi panjang miring sedikit (skew). Untuk geser objek yang dipilih, geser sepanjang sumbu horizontal, dan geser sepanjang sumbu vertikal, drag sumbu vertikal. Untuk membatasi lebar objek atau tinggi, atau geser sepanjang sumbu miring sebesar 45 derajat atau masukkan angka dalam derat dan sumbunya. Tekan tombol copy untuk menduplikasi suatu benda memiliki kemiringan tertentu.

Tampilan transform Each Tool 












Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEHAVIOR PADA CONSTRUCT 2

MENGGERAKAN OBJEK LANJUTAN

Objek 2D. Memahami Objek 2 Dimensi