Pengenalan layer dan Layout

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

LAYOUT DAN LAYAR

Memahami Layout dan Layar Pada Construct 2

 

Indikator Hasil Belajar

1.    Dapat Mengetahui Layer dan Layout Pada Construct 2

2.    Dapat Membuat objek dan Merangkainya Pada Sebuah Layout dengan Layer

3.    Dapat Mengenal Perbedaan Project Bars, Objek Bars, dan Layer Bars

PENGENALAN LAYER DAN LAYOUT

Pada pertemuan sebelumnya sudah dibahas kelebihan dari sebuah objek 2D adalah terdiri dari lapisan-lapisan yang bertumpuk dalam lembar kerja. Tumpukan teratas akan terlihat dan terletak paling terdepan dari objeknya, senaliknnya tumpukan terbawah atau dibawahnya akan tertutup dengan objek yang berada diatas atau paling depan. Istilah tumpukan tersebut dapat dikatakan sebagai layer. Tampilan peletakan layer akan menentukan sudut pandang dari pengguna, sama halnya sebuah lukisan. Hal perspektif yang biasa diterima oleh mata adalah sifat ketika objek semakin menjauh maka objek tersebut akan semakin kecil bentuknya ketika ditangkap dimata.

Berbeda layer, berbeda pula pengertian layout. Jika tumpukan layer sudah diatur sedemikian rupa hingga sesuai dengan skema yang didinginkan, maka semua yang ditangkap oleh mata pengguna dalam suatu pemaparan disebut dengan layout. Istilah singkat layout adalah pemandangan seluruhnya yang ditangkap oleh mata yang terbentuk dari layer-layer yang sudah diatur sedemikan rupa.

Sebagain contoh ketika seorang user bermain game super mario bros contohnya. Maka seluruh tampilan yang ditangkap mata adalah disebut dengan layout. Sebaliknya yang dikatakan layer adalah peletakan objek-objek sesuai dengan tumpukannya, seperti pohon yang semakin jauh semakin kecil, pemandangan background, dan musuh-musuh yang ditampilkan pada game tersebut.

Tampilan Layout dari sebuah game

Bisa dibayangkan dalam pembuatan game 2D objek-ojek dalam game tersebut pasti dibuat secara terpisah. Sebagai contoh objek orang, objek tanah, objek pipa dan lain sebagainya. Semua objek tersebut digerak menggunkan perintah sehingga bisa bergerak melalui inputan dan sesuai jalannya game berlangsung

Memahami Layout dan Layer

Pada aktivitas pertemuan ini akan mencoba tampilan objek-objek dari contoh sebuah game sederhana seperti contohnya super mario bros. Objek yang dibuat pada software pengolahan gambar dan ditampilkan pada lembar kerja dari construct 2. Berikut langkah-langkah untuk menampilkan objek pada layer dan layout diconstruct 2.

  • Terutama desainlah objek terlebih dahulu di aplikasi pengolahan gambar yang telah  kita pelajari sebelumnya yaitu adobe illustrator gambar yang kita desain secara berpisah.
Desain Background Biru dan Awan

Desain pijakan atau dasar tanah

Desain objek pipa sebagai penambahan ornamen

Desain objek orang
  • Setelah semua file sumber sudah selesai tersimpan, selanjutnya objek gambar tersebut bisa     diletakkan    pada construct 2 sebagai tampilan layout pada game.
  •       Jalankan construct 2, pada file baru dibuatkan ukuran layout menjadi seukuran luas dari background yaitu 1440 x 900

  •   Langkah pertama dilakukan adalah meletakkan objek background. Alasan objek background diletakkan pertama kali adalah karena background terletak pada lapisan terbawah dari tampilan layout. Pada construct 2, setiap objek yang dimasukkan selal berada ditumpukan teratas dari objek sebelumnya.

  •   Langkah pertama dilakukan adalah meletakkan objek background. Alasan objek background diletakkan pertama kali adalah karena background terletak pada lapisan terbawah dari tampilan layout. Pada construct 2, setiap objek yang dimasukkan selal berada ditumpukan teratas dari objek sebelumnya.

Tampilan seperti dilingkaran merah

 

Demikianlah materi pengenalan Layer dan Layout






    


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEHAVIOR PADA CONSTRUCT 2

Materi Pembelajaran Pengenalan Aplikasi Construct 2

Objek 2D. Memahami Objek 2 Dimensi