GAME SEDERHANA BEHAVIOR DENGAN MEMBUAT GAME 2D BERGENDRE PLATFORMER DI COUNTRUCT 2

 

Game Platformer adalah game vidio yang  gamenya berputar di sekitar pemain yang mengendalikan karakter yang berlari melompat ke platform, lantai, tepian, tangga atau objek lain yang ditampilkan pada layer permainan tunggal atau bergulir (horizontal atau vertikal) adapun jenis game ini seperti game super mario bros, castlevania, sonic the hedgehog dan pitfall.

Langkah Awal Dalam Perancangan Game Platformer

Untuk pertama kali membuat sebuah game perlulah mempersiapkan semua desain yang kita butuhkan dalam game tersebut. Baik objek player, atribut pendukung serta background untuk tampilan game tersebut. Sebelumnya kita telah mendesain game cannon ball, proses yang kita lakukan sama persisnya dengan langkah membuat game cannon ball yang telah kita ketahui sebelumnya.

Adapun contoh sebuah desain sebuah game seperti berikut ini :


          Tampilan Desain Game Platformer setelah di input kedalam lembar kerja countruct 2

Semua objek yang ada ditampilkan gambar di atas di desain secara satu persatu dengan aplikasi pengolahan gambar Adobe Illustrator dan disimpan dengan format PNG seperti pada materi yang telah kita pelajari sebelumnya. Dalam sebuah game haruslah membutuhkan objek player yaitu berupa objek SPRITE. yang menjadi peran utama untuk kita gerakkan sesuai yang kita inginkan.

adapun tampilan dasar dalam mendesain objek player (Sprite) di Adobe Illustrator adalah sebagai berikut

Tampilan Desain Player Sprite langkah per langkah

Perhatikanlah gambar desain player sprite diatas, pada setiap langkah-perlangkah tampak gerakkan berlari. Guna dalam mendesain seperti ini agar didalam game, objek tersebut bisa melakukan gerakakan berlari.

Setelah mendesain objek sedemikian rupa, maka simpanlah objek tersebut satu persatu secara terpisah. Perkecilkanlah tampilan artboard adobe illustratornya seukuran objek player sprite dan kembalikan normal dengan klik selection, lakukanlah langkah penyimpanan satu persatu dengan format PNG. seperti dibawah ini 

                   Tampilan memperkecil tampilan artboard seukuran Desain Player Sprite 

Demikianlah langkah dalam mengatur tampilan artboard ketika menyimpan objek secara satu persatu, lakukan juga untuk atribut game yang lainnya cara ini berlaku untuk semua game 2D dengan pembuatan menggunakan aplikasi Countruct 2.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEHAVIOR PADA CONSTRUCT 2

Materi Pembelajaran Pengenalan Aplikasi Construct 2

Objek 2D. Memahami Objek 2 Dimensi